jump to navigation

Tips Seleksi Calon Penyiar Radio

http://duniaradio.blogspot.com

Tips Seleksi Calon Penyiar Radio

Berikut kami temukan yang mungkin dapat membantu Anda yang berminat untuk menjadi penyiar radio. Saya kutip dari blog Radio Clinic Alex Santosa.

Seleksi calon penyiar adalah pekerjaan yang sudah akrab dilakukan oleh para program director, manager siaran atau station manager sebuah radio. Dalam posting kali ini saya akan berbagi pengalaman menyeleksi penyiar radio. Semoga bisa bermanfaat, juga bagi anda yang berminat menjadi penyiar radio.

Kemampuan dasar yang harus dimiliki Broadcaster / Newscaster
1. Kemampuan vokal :
> memiliki kualitas vokal yang bagus, bulat dan tidak pecah
> memiliki artikulasi yang jelas
> bisa berekspresi melalui suara
> bisa memainkan intonasi suara
> bisa mengatur kecepatan bicara
> cukup memiliki kemampuan verbal

2. Kemampuan personal:
> suka bicara dan bisa menjadi pendengar yang baik jika berhadapan dengan narasumber /
saat melakukan wawancara
> memiliki spontanitas yang baik
> memiliki kepekaan terhadap situasi
> mampu menjaga emosi, terutama pada saat siaran
> percaya diri saat berbicara / siaran
> memiliki rasa ingin tahu
> bisa berkonsentrasi
> memiliki sense of humor

Point-point ini bisa kita temukan di awal seleksi melalui wawancara dan mendengarkan rekaman calon penyiar. Perlu diperhatikan, kualitas vokal yang baik, suka berbicara dan suka mendengar tidak bisa dilatih. Seseorang yang tidak bisa memiliki kemampuan tersebut sulit menjadi seorang penyiar radio. Sedangkan pelamar yang bisa memenuhi kemampuan dasar, akan lebih mudah untuk dilatih menjadi penyiar yang baik.

Semoga bermanfaat dan dapat menjadikan Anda sebagai penyioar radio yang handal.

Advertisements

Comments»

1. augusto sarmento dosreis - 26 March 2009

say seorag calon siswa jouirnalis tapi saya masih ragu untuk tampil di publik oleh karena itu sayangat tidak percaya didri

radiotsm - 26 March 2009

Percaya diri merupakan slah satu kunci sukses jadi kenapa harus takut????bagai mana kita bisa tau kemampuan diri kita kalau kita takut untuk mencoba????selamat mencoba menjadi jurnalis ya mas…semoga sukses..

2. gita murray - 13 April 2009

hwaaa!!!!
asik banjet yak kalo ta bisa jadi announcer,,,
thnks banjet bertubi-tubi dhueee bwt tips nya,,
tapi jujur ta masih belom puas dengan tips yang ada,,
kalo bisa di tambah donk,,
biar ta bisa terus berkembang dan bisa sukses di dunia broadcast!!!
^_^

3. Istuti Lubis - 18 April 2009

Gita, tips paling manjur adalah ; coba memulai jadi penyiar ! Dan, kalau mau jadi volunteer…silakan datang ke radio TSM, ruang terbuka luas untuk anda. Saya sudah pernah mencoba, he..he..
Salam

4. dee_ray - 25 July 2009

akugwh ..
kurank bruntunk dlam dunia broadcast ..
memank akugwh semped lolos 8 besar ..
cuman akugwh truss mencoba audisi broadcast ..

buad kalian ..
jangan menyerah@_@

5. someone disamualkeun... - 28 July 2009

ternyata susah kan jadi penyiar?tipsnya singkat aja lagi PD.tinggal ngomong aja,kenapa tukul dan olga saja bisa ngomong,kita tdk?

6. budi - 29 July 2009

klo ada lowongan penyiar radio… kabarin yah…

7. fitria saptiane - 10 August 2009

ok………thanks bgt buat tips nya,jdi kurang n lebih nya q jd tau.
q pngin bnr bisa jadi penyiar radio,,,
z pokok nya thanks buangeet tips2 nya.

8. Bangkit Publishing - 14 August 2009

Segera terbit buku Smart Talking On Air karya Iwan Fadillah, Penyiar Radio RRI Pro2FM dan dosen Broadcasting. Berisi tentang teknik2 dasar dan pengembangan menjadi seorang penyiar seperti bagaimana melatih pernapasan, membentuk suara diafragma, bagaimana air personality yang baik, dsbnya. Hebatnya, buku ini juga membahas apa saja yang dapat dilakukan oleh orang awam agar tidak canggung berbicara dan bersikap saat menudara. Buku ini rencananya akan ditambahi bonus berupa CD teknik humming dan melatih pernapasan.Diterbitkan oleh Bangkit Publishing dan dapat teman2 cari nanti di TB. Gramedia, Gunung Agung, Karisma, Salemba, dan toko buku lainnya.Simak terus perkebangan buku di http://www.bukabukumutu.blogspot.com.

9. aziz - 17 January 2010

akhu pengen jg penyiar

10. Rahman - 19 February 2010

Makasih atas tips-tipsnya ya. Salam.

11. Iwan Fadillah - 19 February 2010

Sy mau coba berbagi aja neh…seperti halnya kalo org mau jadi penulis, tentunya org harus byk baca buku. Begitupun jika org pgn jadi penyiar, tentunya org harus banyak mendengarkan radio. Usahakan mendengarkan lebih dari satu radio, lebih dari satu penyiar dan lebih dari satu program acara. Tujuannya supaya bisa membandingkan antara penyiar yg satu dgn yg lainnya, antara program yg satu dgn yg lainnya, atau…antara radio yg satu dgn yg lainnya. Jika itu rutin dilakukan, secara disadari atau tidak, hal itu akan mengasah telinga, pengetahuan dan diri kita untuk mengenal mana program yg baik, mana radio yg baik dan mana penyiar yg baik.

Mungkin bisa dimulai dari situ aja dulu…selebihnya bisa dilihat dibuku yg sy tulis. Itu tuh yg ada diatas…yg ada di No.8 tuh, yaitu Smart Talking On Air yg kyknya akan menjadi Cara Pintar Jadi Penyiar. Tentunya masih dibawah bendera Bangkit Publishing. Jgn lupa yah, dibeli kalo udah terbit, he2…

12. michio allin - 6 March 2010

thx bgt yyagh
bwt tips n info buku’a
jadi tambah pe’de
^^
sbgai orang awam aq belum tau teknik jadi penyiar
tapi aq ingin terus brusaha biar bisa sehebat bpak’ dalam dunia broadcast
V(^_~)V

13. rafff - 10 April 2010

ehhh kalau suaranya agak medok2 jawa gitu pantes jadi penyiar ga?

14. laurencia andrean - 14 September 2010

gimana ya caranya agar saya bisa menjadi penyiar radio ? saya sdh kursus penyiar radio berulang-ulang saya uda mencoba untuk melamar karadio tapi ngak ada panggilan sama sekali ,dan informasi low penyiar jarang yg dimuat dikoran .bagaimana solusinya.

15. solegg - 10 November 2010

jadi ga pengen jadi penyiar yang tadinya semangat banget jadi ga semangat setelah baca syaratnya

16. Zi - 20 November 2010

ass..
zi pngn bngt jadi penyiar..
udah ciba sna sni tapi kendala ny 1, hnya karna zi msh duduk d bngku skolah..
memang tdk d izinkn seorng penyiar msh duduk d bngku sklah??
klw memang ia bisa, dan mampu menjdi seorng penyiar knp tdk,.

17. awan - 27 September 2011

sya awan, sangat hoby dengan dunia penyiaran dan ingin bisa berkecimpung di dunia penyiaran. kira2 ada lowongan penyiar ngk???

18. Muslihah - 22 October 2011

Gimana cara ningkatin rasa PD ntu?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: